Disnakertrans Minim Data Kepesertaan BPJS

LAMPUNGTENGAH – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Lampung Tengah (Lamteng) ternyata tidak memiliki jumlah perusahaan yang tidak mendaftarkan kepesertaan tenaga kerjanya ke BPJS Ketenagakerjaan. Hal ini diungkapkan Kadisnakertrans Lamteng Sofyan di ruang kerjanya

Sofyan menyatakan, pihaknya tidak mengetahui berapa perusahaan di Lamteng yang tidak mengikutkan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. “Kita tak tahu berapa perusahaan. Sebab, selama ini tak ada pemberitahuan atau laporan dari BPJS Ketenagakerjaan. Apalagi selama ini perusahaan tidak minta surat pengantar ke Disnakertrans Lamteng,” katanya.

Baca juga:  Bawaslu Siap Bersinergi Bersama Mappilu Awasi Pemilu

Dalam masalah ini, Sofyan menyatakan koordinasi pihak BPJS Ketenagakerjaan kurang dengan Disnakertrans. “Koordinasinya kurang dengan kita. Pola kerja BPJS Ketenagakerjaan memang harus diubah supaya kita bisa melakukan pembinaan secara kelembagaan. Terutama kepada perusahaan agar mengikutsertakan ke BPJS Ketenagakerjaan,” katanya.

Guna membangkitkan kesadaran pihak perusahaan agar mengikutsertakan BPJS Ketenagakerjaan, Sofyan menyatakan hanya sebatas mengimbau dan monitoring ke perusahaan.  “Kita hanya mengimbau dan monitoring perusahaan. Kalau untuk menyosialisasikan, kita tak punya anggaran,” ucapnya.

Baca juga:  Cek Proyek Jalan Kubulangka-Banjarnegri, DPRD Gandeng Laboratorium

Sofyan menilai masih banyak tingkat kesadaran perusahaan rendah. “Kesadarannya rendah. Masih banyak perusahaan yang tak menaati peraturan perundang-undangan No.23/2013 tentang Ketenagakerjaan,” ungkapnya. Pemerintah daerah dalam hal ini Disnakertrans, kata Sofyan, hanya berperan membina secara kelembagaan.

“Kita hanya membina dan pemberdayaan secara kelembagaan. Kalau secara teknis, BPJS Ketenagakerjaan yang berperan. Kemudian untuk tingkat kepatuhan dari kejaksaan dan kepolisian. Di bidang pengawasan dari provinsi langsung. Provinsi merekomendasikan dan dibetitahukan ke Disnakertrans,” tutupnya. (zul)

Baca juga:  Benarkah Ada Dugaan Pungli PTSL di Desa Sriwedari
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Malu dong ngambil berita orang !!
Close
Close