Era Samin dan Indra Akhyadi, Koperasi TKBM Tolak Bayar Pesangon 4 eks Karyawan

BANDARLAMPUNG- Ketua Koprasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuahan Panjang, Agus Sujatma, mengharapkan agar pihak Polda Lampung dapat melanjutkan prosss hukum dan mengusut tuntas dugaan kasus penggelapan dana Koperasi TKBM Pelabuhan Panjang, yang hingga saat ini belum ada tersangkanya.

“Laporan di Polda sudah lama, kami juga belum tau perkembagannya seperti apa, memang sih saat ini masih pandemi virus corona, inilah ganjalan penyidikan kasus ini, namun kita harapkan aparat penyidik dapat menyikapinya dan segera ada titik terang tersangkanya,” ujar Ketua Koprasi TKBM Pelabuahan Panjang, Agus Sujatma, Kamis (7/5/2020).

Selanjutnya, Kuasa Hukum Koprasi TKBM Pelabuahan Panjang, Ali Akbar menjelaskan bahwa masalah putusan Pengadilan Hubungan Industri (PHI) Lampung, atas gugatan mantan karyawan koperasi tersebut, yang meminta kewajiban membayar pesangon sebesar Rp 500 juta, kepada 4 eks karyawan koperasi TKBM Panjang, pihaknya menolak.

Baca juga:  Mendagri Pesan Para Kades di Lampung Netral Pileg dan Pilpres

“Soal hasil gugatan mantan karyawan itu ke Pengadilan Hubungan Industri (PHI) Lampung, sesuai nomer 3/Pdt.Sus-PHI/2020/ Pn. Tjk jika dibebankan pada badan hukum dan atau pengurus terpilih priode 2020-2025 hasil RAT 19 Maret 2020 kami menolaknya,” tegas Ali Akbar.

“Jelas ini kita tolak, karena itu bukan era kita, ibarat kata mah ‘masak lo yang minjem duit gw yang bayar’, itu bahasa kasarnya, jadi kami membabankan kasus ini ke era Ketua Samin dan Sekertaris Insra Akhyadi, ini kan bukan masa kita dalam pengurusan kita juga tidak mengetahui mengapa ke 4 orang ini dipecat, jadi ya kita nggak mau kena imbasnya dari kesalahan pengrus lama era Samin dan Indra Akhyadi,,” ungkapnya.

Baca juga:  Izin Pak Walikota, SDN 4 Sumber Rejo Kemiling Butuh RKB

Penolakan pembayaran ini, imbuh dia, berdasarkan hasil rapat secara telekomfre bersama pengurus koperasi TKBM Pelabuban Panjang, bersama tim kuasa hukum. Penolakan Koprasi TKBM yakni membebankan dan menjadi tanggung jawab pengurus pengganti periode surat keputusan nomor 002/ra. Kop. TKBM/ v i/2019 tertanggal 13 Juni 2019 sebagaimana diatur dalam pasal 34 ayat 1 dan ayat 2 undang-undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang perkoperasian dan pasal 42 anggaran dasar koperasi TKBM Pelabuhan panjang ayat 12.

“Meminta ketua dan pengurus terpilih hasil rapat periode 2020-2025 tanggal 19 Maret 2020 untuk mengambil langkah-langkah yang dianggap perlu dan berguna bagi kepentingan koperasi TKBM Pelabuhan Panjang sebagaimana diatur dalam peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, ini adalah hasil rapat bersama pengurus secara telekomfre,” tandasnya.

Baca juga:  Dinas PU Perbaiki Akses Destinasi Kawasan Wisata Hutan Kera

Diketahui, ke 4 eks karyawan koperasi TKBM yang dipecat era Ketua Koperasi TKBM Panjang, Samin dan Sekretaris Indra Akhyadi adalah Sri Rahayu, Edisah, Maryadi, Sabarudin. (yen/ron)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Malu dong ngambil berita orang !!
Close
Close